Wii U Tenggelam, Nintendo Terbenam?




Wii U (nintendo)


Jakarta - Konsol game Wii U menjadi andalan Nintendo saat ini. Namun belakangan, penjualannya kurang menggembirakan.

Di Amerika Serikat, Nintendo hanya menjual 57 ribu unit Wii U pada bulan Januari 2013 menurut data NPD. Bandingkan dengan konsol game Xbox yang terjual 281 ribu unit dalam periode yang sama.


Padahal, Wii U adalah konsol generasi baru sedangkan Xbox sudah beredar lumayan lama. Dan sebagai perbandingan, Nintendo Wii, generasi lama konsol Nintendo, terjual 435 ribu unit pada bulan Januari 2007.


Nintendo pun kelabakan. Namun mereka berharap penjualan Wii U bisa membaik saat game-game populer diluncurkan tidak lama lagi, termasuk Legend of Zelda.


Wii U sejatinya menawarkan pengalaman permainan berbeda dengan kontroler layar sentuh. Namun tampaknya masih kurang diminati pasar saat ini.


"Sebenarnya konsol ini tak terlalu beda dengan pesaing dan gameplay-nya tidak seunik Wii. Mereka bikin kesalahan, mungkin mereka tidak akan bisa memperbaikinya," demikian kritik pedas Michael Pachter, analis di Wedbush Securities yang dikutip detikINET dari Hot Hardware, Selasa (19/2/2013).


Tak pelak, Nintendo harus waspada dengan performa Wii U. Terlebih, generasi baru konsol pesaing seperti PlayStation 4 dan Xbox 720 kabarnya sudah siap diluncurkan.


( fyk / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!