Ada 'Lubang' di Koleksi Foto BlackBerry




BlackBerry Onyx (ash/inet)


Jakarta - BlackBerry selama ini dikenal sebagai perangkat pendukung bisnis yang kerap diandalkan. Demi menghadirkan kenyamanan bagi pengguna, BlackBerry mengintegrasikan keamanan terbaik terutama bagi layanan Blackberry Enterprise Server (BES).

Namun baru-baru ini pembesut perangkat BlackBerry mengumumkan kerentanan yang mungkin dapat dialami user. Celah tersebut dijelaskan berupa serangan malware ke server pengguna yang memanfaatkan layanan BES.


Uniknya, serangan tersebut dilaporkan menginfeksi melalui gambar berformat TIFF yang tersimpan pada perangkat pengguna BlackBerry yang terhubung dengan layanan BES.


"Kerentanan ada pada MDS Connection Service BlackBerry dan BlackBerry Messaging Agent untuk proses render gambar TIFF pada perangkat BlackBerry," ujar narasumber dari pusat operasi Blackberry di Waterloo, Ontario, Kanada.


Cara kerja penularannya dijelaskan bahwa pihak tak bertanggung jawab akan memasukkan sebuah malware pada gambar berformat TIFF, selanjutnya malware tersebut akan menginfeksi server melalui aktifitas email pengguna.


Meski hingga saat ini belum ada kasus yang ditemukan terkait ancaman malware lewat gambar berformat TIFF tersebut, namun BlackBerry meminta pengguna yang menggunakan layanan BES untuk segera melakukan update software yang mereka gunakan saat ini. Demikian seperti dikutip detikINET dari Engadget, Selasa (19/2/2013).


( ash / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!