Analis: Market Piranti Mobile akan Tembus 2,6 Miliar Unit di 2016




iPad mini (GettyImages)


Jakarta - Tiga tahun dari sekarang kita akan melihat lebih banyak lagi piranti mobile di pasaran. Diperkirakan, jumlahnya menembus angka 2,6 miliar unit, demikian menurut data dari Canalys.

Piranti mobile yang dimaksud termasuk notebook, tablet, smartphone serta feature phone. Tiap tahunnya, perusahaan peneliti market tersebut mengharapkan pertumbuhan sebesar 8% untuk pasar mobile device secara global.


Di antara gadget-gadget itu, komputer tablet akan mengalami pertumbuhan paling cepat dengan angka growth per tahun mencapai 35%. Smartphone menyusul di bawahnya dengan angka 18%.


Shipment tablet sendiri diprediksi bakal mencapai angka 384 miliar unit di tahun 2016. Adapun model 7 inch akan menjadi yang paling populer di tahun ini dan berandil dalam lebih dari separuh pengapalan tablet.


Sedangkan untuk feature phone, kategori ini malah mengalami penurunan, begitupun dengan laptop, demikian seperti dikutip dari PCMag, Minggu (23/2/2013).


Lantas saat menengok kategori sistem operasi, market Android diramalkan akan merangkak naik hingga 71% pada tahun 2013 ini meski angka tersebut turun menjadi 66% di tahun 2016.


Canalys mencatat, pada tahun lalu Android meraih angka 68% di pasar ponsel pintar, diikuti iOS di angka 20% dan BlackBerry yang harus puas meraih prosentase 5%.


Vice President & Principal Analyst Canalys, Chris Jones beranggapan meski ia tidak melihat kembalinya kejayaan BlackBerry di tahun mendatang, namun ia mengatakan ada peluang BlackBerry meraih kembali perhatian konsumen.


Demikian juga dengan Windows Phone 8 yang bisa saja menjadi penantang sang pemimpin, Android dan iOS.


"Perilisan Windows 8 akan membantu Windows Phone di tahun-tahun mendatang. Kebiasaan konsumen dengan UI Live Tiles akan meningkat, biaya PC Windows 8 bakal turun dan pengadopsian enterprise terhadap Windows 8 akan naik," tambah Pete Cunningham, analis lain dari perusahaan yang sama.


( sha / sha )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!