Foxconn Stop Rekrut Pegawai Karena iPhone 5 Melempem?




Pekerja Foxconn (ist)


Shenzen - Foxconn yang merakit berbagai macam gadget pesanan, terutama produk Apple, berhenti merekrut pegawai baru di pabrik terbesarnya di Shenzhen. Pabrik ini juga yang merakit iPhone 5.

Tidak hanya di Shenzhen saja, namun beberapa pabrik Foxconn yang lain juga berhenti membuka lowongan baru. Sehingga memunculkan spekulasi bahwa permintaan produksi iPhone 5 menurun.


Terlebih, Apple 'hanya' menjual 47,8 juta unit iPhone di musim liburan 2012, angka yang di bawah harapan. Mereka juga menghadapi kompetisi ketat dengan deretan ponsel Android premium.


Namun pihak Foxconn membantah bahwa mereka berhenti merekrut pekerja baru karena pesanan dari Apple menurun. Lowongan baru tidak dibuka dikarenakan para pekerja sangat banyak yang datang sesudah masa liburan tahun baru China.


"Aksi ini tidak ada hubungannya dengan konsumen kami manapun," kata Foxconn yang dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (22/2/2013).


Biasanya, sesudah masa liburan banyak pekerja yang tidak kembali ke pabrik dan berhenti kerja. Namun menurut Foxconn kali ini situasinya tidak seperti itu.


( fyk / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!