Perangkat Radio Motorola Diklaim Lebih Tangguh dari Ponsel




Radio Motorola (fyk/detikINET)


Kuala Lumpur - Motorola Solutions antara lain dikenal dengan produk radio dua arah alias two way radios. Perangkat ini diklaim lebih tangguh dari ponsel, khususnya dalam lingkungan public safety.

Produk two way radios dari Motorola Solutions lumayan banyak digunakan oleh mereka yang berkiprah di lingkungan public safety. Seperti pihak kepolisian atau pemadam kebakaran.


Sama seperti ponsel, perangkat radio Motorola juga bisa menggunakan semacam Base Transceiver Station (BTS) yang digunakan untuk memperkuat jangkauan sinyal.


Namun kelebihannya dibanding ponsel, perangkat radio Motorola tetap bisa dioperasikan meski BTS mengalami kerusakan. Sehingga pengguna tetap bisa melangsungkan komunikasi dengan perangkat yang sama.


"Misalnya dalam situasi bencana alam. Jaringan komersial biasanya akan down namun perangkat radio ini tetap bisa digunakan untuk berkomunikasi sehingga sangat berguna," klaim Oka Prawira Putra, President Director Motorola Solutions Indonesia.


Oka juga mengklaim perangkat radio buatan Motorola sulit mengalami kerusakan. Karena memang didesain tahan banting agar tetap bisa digunakan dalam situasi kritis.


Perangkat radio dua arah seperti diketahui bisa pula berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus. Dan di produk Motorola, ada semacam tombol darurat yang jika ditekan maka panggilan akan diprioritaskan oleh jaringan.


Jika perangkat komunikasi zaman sekarang seperti ponsel cenderung mengarah pada bentuk yang ramping, perangkat radio Motorola tetap mempertahankan bentuk yang gambot. Ternyata ada alasan tersendiri.


"Dari feedback yang kami kumpulkan, konsumen ternyata menyukai bentuk yang besar seperti ini. Karena lebih mantap digenggam kala bertugas di lapangan. Dan mudah dioperasikan meski pengguna memakai sarung tangan," jelas Oka.


( fyk / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!