iPad 9,7 inch dan iPad Mini (ist)
Jakarta - Hegemoni iPad di pasar tablet perlahan mulai melemah seiring merosotnya penjualan tablet Apple versi 9,7 inch yang digerogoti tablet ukuran lebih kecil.
Menurut laporan NPD DisplaySearch, penjualan iPad 9,7 inch mengalami penurunan drastis, dari 7,4 juta pada Desember 2012 menjadi hanya 1,3 juta sepanjang Januari 2013 ini.
Hal ini berbanding terbalik dengan penjualan tablet berukuran lebih kecil, seperti Google Nexus 7 atau iPad Mini yang mengusung rentang layar 7,9 inch. Rata-rata penjualannya mencapai 12 juta sampai 14 juta.
Seperti dikutip detikINET dari Apple Insider, Jumat (1/3/2013), perubahan keinginan konsumen terhadap tablet yang lebih kecil membuat Apple harus mengubah target penjualannya.
Walau Apple tak pernah mengumbarnya, NPD DisplaySearch yakin, Apple sebelumnya menargetkan 40 juta iPad Mini dan 60 juta iPad 9,7 inch di tahun 2013.
Sehingga yang paling realistis, target yang bisa diusung Apple adalah 55 juta iPad Mini dan 33 juta iPad biasa. Jika berhasil mencapai total penjualan 88 juta unit, itu sudah melebih dari penjualan di tahun 2012 sebesar 58 juta unit.
Melihat hasil tersebut, prediksi iPad Mini mengkanibal iPad 9,7 inch bisa saja menjadi kenyataan.
( tyo / rou )
Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!