Thunderbolt Bikin HDD Eksternal WD Tembus 320 MB/s




(Foto: PC Launches)


Jakarta - Kehadiran port Tunderbolt pada jajaran komputer terbaru garapan Apple menyimpan potensi pada kecepatan transfer yang dimilikinya.

Hal tersebut pun tak luput dimanfaatkan Western Digital (WD) yang terkenal sebagai produsen storage untuk turut menyematkannya produk storage besutannya.


Seperti yang coba ditawarkan WD melalui produk HDD eksternal garapannya yang mengusung nama Velociraptor Duo dan Thunderbolt Duo.


Nama Duo yang diusung mewakili penggunaan dua HDD pada kedua produk tersebut. Alasan WD menyematkan dua HDD pada kedua produknya tersebut, karena secara default Velociraptor Duo dan Thunderbolt Duo telah menggunakan konfigurasi RAID.


Uniknya, bukannya menggunakan USB 3.0, kedua produk besutan WD tersebut justru mengusung konektivitas Thunderbolt. Ini sengaja disematkan oleh WD untuk mengincar para pengguna perangkat Apple yang telah tersemat konektor yang tergolong baru tersebut.


Meski kedua produk HDD eksternal besutan WD tersebut mengusung konektor Thunderbolt, sejatinya perbedaan keduanya berada pada kapasitas yang diusungnya.


Thunderbolt Duo memiliki kapasitas hingga 8 TB yang didapat dari dua buah HDD berkapasitas 4 TB. Sedangkan Velociraptor Duo hanya memiliki kapasitas total 2 TB.


Namun meski begitu Velociraptor Duo memiliki kinerja tinggi berkat penggunaan HDD seri Velociraptor yang memiliki kemampuan 10 ribu RPM.


Pada pengujian yang didemokan oleh Tirtasaputra Salim selaku Sales Manager WD Indonesia, terlihat penggunaan konektivitas Thunderbolt sukses memberikan performa mumpuni pada kedua produk.


Tercatat Thunderbolt Duo sukses mencetak kemampuan read dan write pada angka 250 MB/s, sedangkan Velociraptor Duo sukses menorehkan kemampuan read dan write hingga diatas 320 MB/s.


"Velociraptor Duo dan Thunderbolt Duo disiapkan bagi pengguna perangkat Apple yang membutuhkan kinerja tinggi melalui fitur RAID yang diusungnya", Ucap Tirta di Marche, Grand Indonesia.


Kedua produk hadir dengan sebuah aplikasi yang disebut WD Drive Utility yang dapat membantu penggunanya menentukan jenis RAID yang dibutuhkannya.


Kelebihan lain yang diusung kedua produk adalah kemampuan Daisy Chain, sehingga pengguna dapat dengan mudah menambah HDD eksternal lain melalui konektor Thunderbolt kedua yang tersedia.


Selain itu, kedua produk juga telah memiliki kemampuan JBOD.


( tyo / tyo )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!