Intel Pamer 'Otak' Anyar untuk Ponsel Pintar




(vrzone)


Jakarta - Meski ranah prosesor smartphone saat ini masih didominasi oleh Qualcomm, Samsung, dan juga MediaTek, tak lantas membuat Intel mengurungkan niatnya untuk tetap eksis pada segmen smartphone tersebut.

Meski hingga saat ini Intel belum mengalami peningkatan yang signifikan pada ranah smartphone, namun perusahaan asal Santa Clara, California tersebut masih berusaha menunjukan eksistensinya melalui sejumlah varian prosesor terbaru yang dipamerkannya pada ajang Mobile World Congress 2013.


Pada event tersebut, Intel memamerkan prosesor smartphone berbasis Atom yang kali ini mengusung kode Clover Trail+ yang hadir dalam 3 varian yakni Z2580, Z2560, dan Z2520.


Ketiga varian tersebut memiliki perbedaan pada kecepatan clock yang diusungnya yakni 2 GHz, 1,6 GHz, dan 1,2 GHz. Selain itu ketiganya telah menggunakan proses pabrikasi 32nm yang diklaim memakan konsumsi daya kecil.


Prosesor Clover Trail+ tersebut hadir dengan teknologi Intel Hyper Threading yang memungkinkan teknologi dual core yang diusungnya dikenali oleh sistem sebagai prosesor quadcore. Namun tentunya dual core lainnya hanya merupakan core virtual.


Sedangkan pada bagian pengolah grafis, Intel mempercayakannya pada Intel GMA andalannya yang berjalan pada kecepatan 533 MHz.

Dikutip detikINET dari Vr-zone, Kamis (28/2/2013), untuk mengisi kelas prosesor smartphone quadcore, dengan mengandalkan prosesor berkode Bay Trail, Intel turut meluncurkan Z2760 yang merupakan 'otak' smartphone quadcore pertama besutannya.


Sayangnya masih belum jelas apakah Z2760 juga akan mengadopsi teknologi Hyper-Threading seperti pada seri dual core.


( ash / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!