Apple 'Jewer' Pemasok yang Pekerjakan Anak-anak




Salah satu pekerja di supplier Apple (Apple)


Jakarta - Apple memutuskan hubungan dengan salah satu suppliernya. Hal ini dipicu atas temuan Apple bahwa pemasok tersebut mempekerjakan karyawan di bawah umur.

Temuan ini didapat dari hasil audit Apple di Guangdong Real faith Pingzhou Electronics (PZ). Dikutip dari Zdnet, Jumat (25/1/2013), pemasok komponen ini bersalah karena telah berkonspirasi dengan keluarga dari sebanyak 74 anak untuk memalsukan informasi di dokumen agar anak-anak mereka tetap bisa bekerja.


Alhasil, PZ kini didenda dan lisensinya ditangguhkan. Apple telah melaporkan pelanggaran ini ke otoritas lokal.


Apple pun meminta anak-anak yang berusia di bawah 16 tahun yang menjadi pekerja PZ, dikembalikan ke keluarganya. "Dan PZ diminta membayar biaya untuk memfasilitasi pengembalian tersebut," demikian sepenggal pernyataan dari laporan yang dihimpun.


Apple memang lebih memperketat sistem auditnya setelah kasus di Foxconn yang mendapat sorotan banyak pihak. Adapun laporan tahunan yang mereka lakukan bukan hanya untuk meningkatkan keamanan, namun juga untuk memperbaiki kondisi hidup para pekerja di rekanan Apple.


Reuters melaporkan, pada tahun 2012, Apple mengumpulkan 393 audit, naik 72% dari tahun 2011. Mereka mereview site-site dengan total pekerja lebih dari 1,5 juta orang.


( sha / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!