Asah Kemampuan, Orangutan Disodori iPad




Orang Utan dengan iPad (Tom Pandi/Toronto Zoo)


New York, AS - Siapa bilang kecanggihan iPad hanya bisa dicicipi oleh manusia. Orangutan pun tak mau kalah. Hewan yang habitat aslinya di Indonesia ini ternyata juga piawai saat disodori tablet PC besutan Apple tersebut.

Kebijakan memberikan iPad kepada Orangutan ini salah satunya dilakukan di Smithsonian National Zoo, Amerika Serikat.


Menurut Becky Malinsku, salah seorang petugas di kebun binatang tersebut, pemilihan iPad merupakan salah satu cara untuk mengasah kelihaian para Orangutan.


"Kami telah memberikan mereka (Orangutan-red.) beragam makanan, mainan, dan interaksi sosial setiap hari. Tetapi dengan iPad, kita coba memberi mereka cara lain agar lebih mengasah kemampuan penglihatan, sentuhan, pendengarannya," lanjutnya, seperti dikutip detikINET dari Live Science, Jumat (25/1/2013).


Sejauh ini, para Orangutan tersebut dianggap terlihat asyik dan menikmati waktu-waktunya bermain dengan iPad. Setidaknya ada sekitar 10 jenis aplikasi yang sering dimainkan. Mulai dari game kognitif, aplikasi menggambar, serta aplikasi instrumen musik.


Bahkan, tiap Orangutan memiliki aplikasi favorit sendiri-sendiri. Seperti Bonnie, Orangutan berumur 36 tahun ini menggemari aplikasi instrumen musik, khususnya drum. Sedangkan Kyle yang berusia 16 tahun menyukai aplikasi piano.


Berbeda dengan Iris, Orangutan berumur 25 tahun ini ternyata lebih menikmati melihat pemandangan ikan-ikan koi yang 'berenang' di layar iPad.


Penggunaan iPad bagi primata sejatinya bukanlah langkah baru. Ada program khusus yang diberi nama 'Apps for Apes' yang merupakan inisiatif dari organisasi konservasi Orangutan Outreach.


Organisasi ini juga telah menyediakan tablet PC khusus untuk mengasah kepintaran para primata di sekitar 12 kebun binatang, yang berlokasi di Houston, Atlanta, Toronto, Utah dan Milwaukee.


"Lewat program Apps for Apes sebenarnya kami ingin orang-orang lebih mengerti kenapa kita harus melindungi Orangutan dari kepunahan," ujar Richard Zimmerman, pendiri dan direktur Orangutan Outreach.


Orangutan memang spesial karena dianggap memiliki kekerabatan dekat dengan manusia pada tingkat kingdom animalia, dimana orangutan memiliki tingkat kesamaan DNA sebesar 96,4%.


Habitat asli Orangutan sendiri ada di hutan tropis Indonesia, khususnya di Pulau Sumatera dan Malaysia. Ada 2 jenis spesies orangutan, yaitu Orangutan Kalimantan/Borneo (Pongo pygmaeus) dan Orangutan Sumatra (Pongo abelii).


( ash / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!