Apple Store di Indonesia Mungkin Dibangun Distributor




Apple Store di AS (Ist.)


Jakarta - Bila Apple Store benar-benar dibangun di Indonesia, ada kemungkinan toko bergaya futuristik ini bakal diserahkan oleh mitra distributornya yang ada di Tanah Air.

"Selama ini principal yang membangun toko fisiknya seperti Apple Store itu menyerahkan pengelolaanya kepada di pihak ketiga. Biasanya sih adalah mitra distributornya," kata Direktur Marketing & Communication Erajaya Djatmiko Wardoyo, kepada detikINET, Rabu (23/1/2013).


Koko -- panggilan akrabnya -- mencontohkan, BlackBerry Store yang sudah buka di Tanah Air menyerahkan pengelolaan dan pengerjaannya ke Teletama Arta Mandiri (TAM), salah satu distributor lokalnya.


Hal yang nyaris serupa juga dilakukan oleh principal lain seperti Nokia dan Samsung saat membuka toko fisiknya.


Bahkan ada bentuk kerja sama lain antara principal dengan mitranya, seperti membuka kesempatan ke dua sampai tiga distributor untuk membuka toko dengan nama si principal tersebut.


"Soal Apple ini saya belum tahu, karena memang belum ada arah omongan ke sana. Kalau memang benar ya kita sih berharap Erajaya Group yang memenangkannya," katanya lagi.


Erajaya sendiri beberapa waktu lalu mengakuisisi iBox, salah satu Apple Premium Reseller yang nilainya mencapai USD 18 juta.


( tyo / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!