Panaskan 'Generator' Anda dan Buatlah Game!




Ilustrasi (Ist.)


Jakarta - Membuat game bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi jika mentok di ide, bisa-bisa pengembangan game impian Anda cuma sebatas angan-angan, entah kapan direalisasikan.

Menurut Eko Nugroho seorang game designer, CEO & co-founder Kummara Creative Studio, dan inisiator Indonesia Bermain, ide membuat game menjadi titik awal sebuah proses kerja keras pengembangan sebuah game.


"Ide bisa muncul di mana saja, kapan saja, oleh siapa saja. Namun ide akan sulit hadir jika dalam proses pencariannya terhalang oleh ego atau wawasan sempit," tukasnya.


Untuk itu setiap game designer sebaiknya melatih diri untuk mampu menggunakan generator idenya secara lebih optimal, sehingga mampu menghasilkan ide game luar biasa.


Berikut beberapa tips sederhana untuk merawat serta memastikan generator ide kita bisa berfungsi optimal, seperti disarikan Eko di segitiga.net:


-. Mencoba sebanyak mungkin game

Jangan pernah terpaku pada satu jenis genre, atau bahkan satu judul. Kita semua pasti punya preferensi game tertentu, tetapi seorang game designer harus selalu memaksa dirinya untuk mencoba dan mempelajari sebanyak mungkin jenis game yang ada.


-. Asah rasa ingin tahu

Jangan pernah berhenti belajar, bertanya, dan memperhatikan segala hal yang ada di sekeliling kita. Setiap saat, ada banyak sumber ide luar biasa hadir di sekitar kita, dan hanya mereka yang senantiasa mengasah rasa ingin tahu yang cukup beruntung untuk kemudian bisa melihatnya.


-. Bersahabat dengan buku

Membaca buku memaksa kita untuk lebih fokus dalam menggali informasi. Membaca buku juga akan mampu memperluas wawasan kita dan memberi semakin banyak ruang untuk tumbuhnya ide.


-. Biasakan untuk membangun diskusi

Cobalah untuk selalu menghidupkan sebuah diskusi yang menyenangkan sesering mungkin tanpa perlu bersifat formal, misalnya setelah mencoba suatu game, selesai menonton sebuah film, atau ketika ada sebuah buku yang begitu menarik.


"Semakin kita terbiasa dengan hal-hal di atas, menemukan berbagai ide game baru akan menjadi lebih mudah. Bagaimana menurut kamu, apakah generator ide kamu masih cukup terawat?" pungkas Eko.


( ash / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!