Apple Store Datang, Partner Lokal Terancam?




iBox Kemang (tyo/detikINET)


Jakarta - Apple dikabarkan bakal membuka toko fisiknya di Indonesia tahun ini. Lalu bagaimana pendapat partner lokal yang menjadi Apple Premium Reseller di Tanah Air mengenai rencana ini?

Apple Premium Reseller merupakan mitra resmi untuk menjual produk-produk Apple di negara yang tidak kedatangan Apple Store. Di Indonesia, banyak Apple Premium Reseller yang digandeng, salah satunya adalah iBox yang kini menjadi milik Erajaya Group.


"iBox pada pada dasarnya adalah partner dari Apple. Di Indonesia kita punya toko yang besar di Jakarta. Ya, kalau Apple Store benar hadir di Tanah Air, ya tak masalah. Malah bagus," kata Direktur Marketing & Communication Erajaya Djatmiko Wardoyo, kepada detikINET, Rabu (23/1/2013).


iBox sendiri diakusisi oleh PT Erajaya Swasembada beberapa waktu lalu dengan nilai hingga USD 18 juta.


Ditambahkan oleh Koko, sapaan akrabnya, kehadiran Apple Store malah memberikan efek dari segi peningkatan standar retail yang lebih tinggi.


"Lagipula Indonesia itu kan luas, pastinya Apple memikirkan mitranya ini. Mungkin mitranya ini menggarap daerah-daerah lain di Indonesia," sebutnya.


Sebelumnya, Ketua Umum Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri mengungkapkan Apple berminat untuk membangun toko di Indonesia karena saat ini, Apple hanya memiliki tiga cabang resmi di Asia yaitu di Shanghai, Hong Kong dan Tokyo.


Kembalinya Apple di Indonesia juga diharapkan dapat membantu ekonomi lokal, pasalnya produsen asal Cupertino itu siap menggelontorkan setidaknya Rp 28 miliar untuk membangun toko di Jakarta.


Belum diketahui secara pasti kapan Apple Store mulai beroperasi di Jakarta, namun menurut prediksi Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, Azhar Lubis, paling tidak 2013 ini investasi tersebut akan terealisasi.


( tyo / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!