Seru-seruan Bikin Video Klip dengan Vine




Vine di iOS


Jakarta - Twitter baru saja meluncurkan layanan berbagi video di App Store bernama Vine. Tak seperti layanan sejenis, Vine lebih menonjolkan cara seru-seruan dalam bentuk potongan video. Apa menariknya? Simak hasil pengalaman singkat detikINET berikut.

Aplikasi ini untuk sementara hanya tersedia di App Store, namun pihak Twitter berjanji akan menghadirkannya untuk platform yang lain. Untuk mendapatkannya, pengguna tak perlu memerlukan ruang yang besar, karena hanya 5.2 MB saja sudah cukup.


Sekadar informasi, semua jenis iDevice dapat menjalankan aplikasi Vine ini, mulai dari iPhone 3GS hingga iPhone 5, termasuk semua perangkat iPad. Syaratnya, piranti tersebut sudah berjalan di iOS versi 5.0 atau di atasnya.


Antarmuka


Sesuai dengan warna logonya, antarmuka Vine sangat didominasi oleh warna hijau. Konsepnya cukup sederhana, timeline, home dan isi timeline itu sendiri. Di timeline, pengguna dapat melihat isi video yang di-upload atau mengikuti video yang diikuti oleh si pengguna.


Ya, konsepnya seperti Twitter yang mengusung tema mikroblogging. Sedangkan Vine, lebih tepatnya disebut mikro video. Bila di Twitter dibatasi 140 karakter, maka Vine dibatasi beberapa detik saja.


Saat scroll ke bawah atau ke atas, video yang diunggah dari milik sendiri atau orang lain akan langsung muncul dan bergerak. Karena durasinya yang tak terlalu panjang, timeline dari video ini tidak terlalu lambat.


Layaknya Twitter, pengguna bisa memberikan komentar dari video yang muncul atau sekedar memberikan 'like' dalam bentuk senyuman. Tapi, aktivitas ini hanya bisa dilihat oleh pengguna sendiri. Pengguna lain tak bisa.



Rekam video


Nah, soal merekam video, pengguna bisa memilih tombol 'kamera' yang ada di sebelah kanan atas. Tampilan videonya pun simpel dan bersih, hanya gambar yang mau diringkus dan tombol delete di kanan atas.


Tak ada tombol 'record' atau 'pause' di fitur ini. Bila ingin merekamnya, cukup menekan dan menyentuh layarnya saja.


Walau hanya sepersekian detik, video ini dapat dikreasikan sedemikian rupa seperti animasi singkat. Memang saat ini, pengguna belum bisa meng-upload video sebelumnya dari libary. Artinya, video yang dibuat, ya hasil rekaman saat itu juga.


Ini salah satu contoh bentuk video yang dibuat detikINET


Fitur lainnya


Selain itu, ada beberapa fitur yang bisa dilakukan di Vine. Seperti Explorer, yang dapat memilih sedang 'naik daun' atau pilihan dari pengelola (editor picks).


Khusus untuk hashtag, beberapa tagar-nya disiapkan dan dikelompokkan dalam beberapa kategori. Mungkin ke depannya akan ditambah lagi pengkelompokkan hashtagnya.



Penasaran ingin menjajalnya? Silahkan langsung menuju App Store untuk men-downloadnya.


( tyo / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!