PS4 Bisa Mainkan Game PS3?




Bocoran Kontroler PS4 (Ist.)


Jakarta - Rumor awal yang beredar menyebutkan bahwa konsol game generasi terbaru besutan Sony, PlayStation 4, nantinya tidak akan dapat memainkan game PlayStation 3.

Ini lantaran arsitektur prosesor Cell yang digunakan oleh PlayStation 3 sangat berbeda dengan prosesor yang digunakan pada PlayStation 4.


Pun demikian, sebenarnya bisa saja Sony 'memaksakan' agar PS4 dapat memainkan game PS3. Namun hal itu akan berdampak pada harganya yang kian melambung, karena Sony harus menambahkan sejumlah komponen tambahan pada PS4.


Tapi bagi pengguna PS4 yang masih ingin memainkan game PS3 pada konsol game miliknya nanti mungkin bisa sedikit tenang. Pasalnya, raksasa elektronik asal Jepang tersebut telah menemukan solusi atas isu ini melalui layanan game streaming Gaikai yang sejatinya telah diakuisisi Sony senilai USD 380 juta sejak Juli tahun 2012.


Menggunakan Layanan game streming Gaikai, pengguna PS4 bakal dapat memainkan game PS3 yang diinginkannya. Sayang, untuk memainkannya pengguna diwajibkan terhubung ke internet karena sebenarnya game tersebut dimainkan dengan cara streaming dari server Gaikai, bukannya menggunakan kepingan disk. Demikian seperti dikutip detikINET dari Megagames, Senin (18/2/2013).


Meski diklaim, layanan Gaikai diklaim bakal mampu memberikan kenyamanan bermain layaknya dari kepingan disk langsung. Tapi tetap saja potensi gangguan saat bermain akan selalu menghantui mengingat koneksi internet yang tidak selalu stabil pada beberapa negara di belahan dunia.


( ash / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!