Curhat HTC Soal Dominannya Samsung

Jakarta - Selain sebagai produsen smartphone terbesar di dunia, Samsung juga mempunyai posisi strategis sebagai pemasok komponen ponsel. Nah, posisinya inilah yang dituding HTC dimanfaatkan Samsung untuk menjegal pesaing.

Presiden HTC Asia Utara Jack Tong mengatakan, Samsung telah menggunakan kekuasaannya dalam bisnis komponen ponsel untuk lebih gesit di pasar dan melawan para kompetitor.


Tuduhan Tong diklaim bukan tanpa dasar. Sebab HTC punya pengalaman buruk saat bekerja sama dengan Samsung. Dimana perusahaan asal Korea Selatan itu menolak memasok layar Amoled untuk handset HTC Desire pada tahun 2010.


Menurut laporan Focus Taiwan dan dikutip detikINET, Kamis (30/5/2013), Tong menuduh Samsung menggunakan komponen sebagai 'senjata kompetitif' untuk menekan perusahaan yang dilihat sebagai ancaman terhadap posisi mereka yang memimpin pasar di perangkat Android.


"Kami menemukan bahwa pasokan komponen kunci dapat digunakan sebagai senjata kompetitif," tukas Tong.


HTC sendiri menyadari hal ini, apalagi vendor asal Taiwan seperti Asus dan Acer pun mulai bergeliat di pasar ponsel cerdas. Tak ingin bergantung pada Samsung, HTC pun berusaha menjaga kearifan lokal.


Maksudnya, mereka tengah berusaha untuk menggunakan komponen yang berbasis di Taiwan. Termasuk membujuk perusahaan asing membuat komponennya di Taiwan agar lebih murah.


Baca juga review produk:

-. Galaxy S4, Android 'Dewa' dari Samsung

-. HTC One, Nyaris Tanpa Cela


(tyo/ash)