Video mobile menawarkan peluang bisnis yang besar untuk kanal. Para pelanggan Anda bisa mendapatkan manfaat dari komunikasi bisnis yang lebih cepat, model-model penjualan dan layanan baru, dana peningkatan hubungan pekerja remote dan mobile.
Dan penyebarannya bisa dipercepat karena para pekerja dan pemangku kepentingan lain kebanyakan sudah memiliki perangkat mobile berkemampuan video (tablet, smartphone, laptop).
Agar bisa bersaing dalam kanal hari ini para reseller harus mendudukkan dirinya sebagai pelanggan. Ini agar mereka bisa lebih memahami apa yang dibutuhkan dari teknologi mereka dan mitra teknologinya.
Pengaruh bisnis dan pribadi dari kolaborasi mobile luas cakupannya. Namun bagaimana Anda mengenali solusi untuk pelanggan Anda?
Ketika Anda ingin merekomendasikan sebuah solusi yang mendukung kemampuan mutakhir, seperti kemampuan untuk mengintegrasikan sistem komunikasi kantor dengan smartphone dan perangkat-perangkat lain, beberapa pelanggan bisa tergiur oleh kemajuan teknis terakhir dan berakhir dengan mengabaikan faktor-faktor kritis yang penting seperti kehandalan, skalabilitas dan Total Cost of Ownership (TCO).
Berikut kriteria kunci yang harus Anda diskusikan dengan pelanggan saat mengevaluasi solusi kolaborasi mobile:
1. Kapasitas/Skalabilitas: Langkah penting pertama adalah 'menentukan dengan tepat' solusi yang pas dengan kebutuhan pelanggan Anda. Solusi itu harus bisa diskalakan agar implementasi awal sejalan dengan kebutuhan bisnis pelanggan Anda tetapi dapat dengan mudah dikembangkan jika dibutuhkan.
Banyak perusahaan juga ingin melindungi investasi di perangkat yang sudah ada. Anda akan mendapatkan bahwa mereka lebih bersedia menerima solusi yang terintegrasi dengan sistem tersebut -- kasus evolusi bukan revolusi.
2. Total Cost of Ownership: Ada banyak perusahaan yang memperhatikan biaya awal dari sebuah sistem ketimbang total cost of ownership, kemudian merasa tidak puas ketika solusi yang sepertinya rendah-biaya ternyata belakangan menguras banyak uang.
Mengedukasi pelanggan Anda akan konsep 'Total Cost of Ownership' Anda bisa melindungi hubungan Anda -- dan bisnis masa depan -- dengan pelanggan Anda.
Dan hari ini itu bukanlah hanya tentang 'biaya' -- solusi yang paling hemat energi tidak hanya akan menghemat biaya operasional, tetapi juga mengurangi dampak lingkungan pelanggan Anda, yang memastikan ketaatan terhadap peraturan.
3. Manajemen dan Administrasi yang Disederhanakan: Para manager IT makin banyak menghabiskan waktunya pada cara-cara baru menyederhanakan manajemen dan administrasi sistem.
Kendati kebanyakan solusi komunikasi dan kolaborasi sudah dilengkapi aplikasi manajemen, tidak semuanya menawarkan kemampuan tingkat lanjut, seperti template pradefinisi untuk menyederhanakan manajemen desktop dan kecepatan penyebaran.
Untuk lebih memudahkan administrasi, pertimbangkan perangkat-perangkat berbasis browser untuk mengelola parameter seperti profil pengguna, rancangan panggilan, kebijakan network routing dan sekuriti. Merampingkan administrasi dapat memberikan penghematan sampai 75 persen dibandingkan pendekatan yang lebih merepotkan.
4. Pengalaman Pengguna (User Experience), Fitur dan Aplikasi: Memiliki aplikasi yang tepat adalah penting bagi komunikasi dan kolaborasi. Perusahaan skala menengah membutuhkan satu solusi terintegrasi dengan set lengkap kemampuan suara, data dan video.
Integrasi yang lebih ketat dari fitur-fitur itu pada akhirnya akan memberikan pengaruh yang lebih besar. Memilih sebuah solusi yang memiliki kemampuan konferensi terintegrasi misalnya, akan menghemat uang untuk layanan konferensi pihak ketiga yang mahal (yang bisa berkisar sampai ribuan dolar per bulan).
5. Perangkat dan Kebebasan Perangkat: Perangkat yang digunakan para pekerja untuk komunikasi hariannya adalah faktor penting -- dan seringkali diabaikan -- dalam pertimbangan pembelian.
Memilih perangkat yang tepat membantu memastikan bahwa para pekerja menjadi seproduktif mungkin. Karena pengalaman meningkatkan produktivitas, makin banyak perusahaan yang memperbolehkan para pekerjanya membawa perangkat pribadi ke kantor, yang dapat sangat menurunkan biaya pengadaan perangkat, sambil memberi para karyawan fleksibilitas untuk berpindah-pindah antar identitas pribadi dan kantor.
6. Ketahanan/Redundancy: Mengingat sifat mission-critical dari semua jaringan komunikasi, perusahaan mempertaruhkan banyak pada ketersediaan dan kehandalan jaringan.
Sebuah sistem yang tidak memiliki komponen-komponen yang bergerak akan mengurangi potensi resiko kehilangan bisnis, pendapatan dan kepuasan pelanggan.
Sementara banyak penyedia merekomendasikan penambahan perangkat keras redundant untuk menjaga kegagalan selama outage, solusi yang dapat melakukannya via perangkat lunak juga dapat sangat mengurangi biaya akuisisi dan pemeliharaan – membebaskan anggaran untuk investasi IT lainnya.
7. Integrasi Pihak-Ketiga: Besar kemungkinan para pekerja di perusahaan Anda menggunakan aplikasi-aplikasi seperti Microsoft Outlook setiap hari.
Menemukan sebuah sistem komunikasi yang mudah dan handal diintegrasikan dengan aplikasi-aplikasi tersebut (contoh, para karyawan otomatis mendapatkan informasi dari Salesforce.com yang muncul di layar begitu ada panggilan masuk dari seorang pelanggan) akan meningkatkan dan menyederhanakan komunikasi, meningkatkan kolaborasi karyawan dan layanan pelanggan, semakin memanfaatkan investasi yang ada, mengurangi TCO
8. Sekuriti dan Jaringan: Sama pentingnya dengan platform komunikasi adalah sekuriti dan jaringan yang mengelilinginya. Sekuriti dalam lingkungan kolaboratif menuntut pertahanan multilapis, canggih.
Solusi sekuriti yang berfokus data saat ini seringkali tidak cukup gesit menangani aliran trafik dua-arah, kontinu, real-time yang terkandung pada komunikasi multi-protokol. Mereka seringkali tidak memiliki kemampuan untuk secara dinamis mengoreksi masalah-masalah konektivitas atau memecahkan masalah antaroperasi protokol.
9. Pencadangan Plug-and-Play: Jika solusi seringkali harus mengubah sebaran aset jaringan untuk mengakomidir misalnya, para pekerja baru, para pekerja sementara atau perubahan dalam tata letak ruang kerja -- pencadangan plug-and-play bisa menjadi prasyarat yang penting. Akses ke semua informasi terkait yang diperlukan untuk membuat perangkat operasional otomatis diaktifkan.
10. Dukungan yang Lengkap: Solusi haruslah handal. Jika tidak, ia bisa menguras dana Anda dan pelanggan Anda. Selain itu banyak vendor dan pelanggan yang menunggu para mitranya menawarkan layanan-layanan bernilai tambah untuk mengurangi tuntutan akan dukungan yang disediakanvendor dan memaksimalkan manfaat dari solusi bagi pelanggan.
Layanan seperti ini menyajikan peluang untuk menghasilkan pendapatan yang berkelanjutan. Jadi pastikan vendor yang Anda rekomendasikan mempunyai produk-produk berkualitas dan tingkat pelatihan dan dukungan yang Anda butuhkan agar Anda bisa secara lebih baik melayani pelanggan Anda dan meningkatkan keuntungan.
*) Penulis, Endang Rachmawati adalah Country Manager Avaya Indonesia.
(ash/ash)