Awas, Jangan Simpan Foto Digital di Satu Perangkat

Jakarta - Kamera digital memudahkan orang untuk menjepret dan menyimpan foto. Tidak jarang foto yang dijepret hanya disimpan di satu perangkat terutama komputer, atau lebih parah tetap dibiarkan berada di kartu memori kamera.

Padahal, back up foto di perangkat lain, misalnya di flash disk atau hardisk eksternal dinilai sangat penting. Jika hanya disimpan dalam satu perangkat dan kemudian rusak, maka hilanglah foto yang penuh kenangan.


Sebuah survei dari Maplin, perusahaan elektronik di Inggris mengungkap 38% responden tidak atau lupa memback up foto di lebih dari satu perangkat. Padahal, 3/4 menyatakan kehilangan foto digital adalah mimpi buruk.


Survei ini juga mengungkap pemilik kamera digital rata-rata menyimpan sebanyak 1.200 foto dalam komputer PC mereka.


"Kebanyakan dari kita masih percaya pada keberuntungan dan tidak akan mengalami keholangan foto berharga. Maka bisa timbul stress jika ada crash dan data tidak bisa dikembalikan," sebut John Cleland, Chief Executive di Maplin.


"Backing file adalah hal yang kita tahu seharusnya dilakukan, namun biasanya dilupakan sampai kita kehilangan file yang penting," tambanya, dikutip detikINET dari DailyMail, Jumay (5/7/2013).


(fyk/rns)