Semua Gadget Android Disadap NSA?

Jakarta - Setelah bocornya program pengintai yang diduga digagas pemerintah Amerika Serikat, kini terkuak fakta lain yang tak kalah heboh. Kabarnya National Security Agency (NSA) Negeri Paman Sam ikut campur dalam pengembangan Android.

Google sepakat untuk memberikan sejumlah data kepada pemerintah AS jika diperlukan. Namun kerjasama keduanya ternyata sudah lebih jauh, Google bersedia menyelipkan baris kode khusus dalam Android berdasarkan spesifikasi yang diinginkan NSA.


Hal ini pun diakui oleh juru bicara Google, Gina Scigliano. Hanya saja ia tidak menyebutkan secara pasti kode seperti apa yang dititip NSA di dalam sistem operasi Android.


Menurut situs businessweek yang dikutip detikINET, Jumat (5/7/2013), NSA ternyata sudah ikut mengembangkan Andorid sejak 2011 silam hingga kini. Mereka mengklaim kode tersebut dibuat untuk meningkatkan sistem keamanan Android.


Kode tersebut berfungsi untuk mencegah hacker atau oknum marketing untuk mendapatkan akses tanpa izin. Dan fitur ini ada di hampir semua perangkat Android, smartphone, tablet PC, TV dan perangkat lainnya.


"Tujuan kami adalah meningkatkan keamanan untuk perangkat mobile," klaim Stephen Smalley, tim dari NSA yang ikut mengembangkan Android.


Selain Android, hal yang sama juga dilakukan NSA pada beberapa varian Linux. Kedua sistem operasi itu dipilih karena memang sifatnya yang terbuka, tidak seperti Windows atau Mac OS.


Pun begitu, tak sedikit pengguna yang khawatir ini merupakan sisi lain pemanfaatkan Android untuk keperluan pribadi pemerintah AS. Bahkan ada yang menganggap ini merupakan bagian dari program PRISM, program yang dibuat untuk mengintai para pengguna internet.


Artikel Terkait:

-. Mereka yang Jadi Bulan-bulanan Hacker China

-. Mengenal Anonymous, Grup Hacker Paling Berpengaruh di Dunia

-. 5 Negara dengan Tentara Cyber Terkuat

(eno/ash)