Ratusan Robot Buatan Siswa Sekolah Diadu di Jogja

Jogja - Anak-anak SD, SMP, SMA terlihat begitu akrab dengan teknologi robot. Mereka terlihat serius mengotak-atik robot karya mereka, yang dipertandingkan dalam Kontes Robot Pintar Yogyakarta (KRPY), di Exhibition Hall, Gedung Kotak Taman Pintar Yogyakarta, 6-7 Juli 2013.

Kontes Robot untuk tingkat pelajar yang telah digelar ke 6 kalinya ini, dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan jumlah peserta. Tahun lalu, kontes ini diikuti 90 tim, sementara tahun ini meningkat menjadi 102 tim.


Kepala Taman Pintar Yogyakarta, Yunianto Dwisutomo mengatakan, 102 Tim robot terdiri dari 388 siswa peserta yang berasal dari 38 sekolah. Tim terbagi dalam beberapa kategori, yakni kategori A atau senior diikuti 29 tim, kategori B atau Yunior diikuti 28 tim, Kategori C atau Expert 16 tim, Kategori D atau umum 13 tim, dan Kategori E(SD) 16 tim. Peserta kontes robot berasal dari berbagai sekolah di DIY, Jawa Tengah dan Sumatera Selatan.


"Tahun ini, kontes robot pintar mengikutkan peserta khusus untuk tingkat SD. Ini merupakan kategori baru yang pada kontes-kontes sebelumnya belum pernah ada," kata Yunianto, di Taman Pintar Yogyakarta, Sabtu (6/7/2013).


Ada 5 kategori yang dipertandingkan, yakni Kategori A merupakan robot beroda peniti garis untuk pelajar tingkat SMA/SMK dan sederajat. Kategori B, untuk robot beroda penjejak cahaya bagi pelajar SMP dan sederajat.


Kategori C atau Expert untuk robot beroda peniti garis bagi siswa SMP, SMA, dan sederajat. Kategori D yang mempertandingkan robot beroda dengan sistem saling dorong antar robot hingga keluar lintasan, bagi siswa SMP, SMA, SMK dan sederajat. Dan kategori E untuk siswa Sekolah Dasar yang mempertandingkan robot beroda penjejak cahaya.


Kontes Robot Pintar Yogtakarta ini memperebutkan piala bergilir dan sertifikat dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi, serta tropy tetap KRPY 2013.


(rns/rns)