Ponsel Tizen Samsung Dimatikan Sebelum Lahir?

Jakarta - Proyek smartphone dengan sistem operasi Tizen oleh Samsung digadang-gadang bakal menjadi alternatif yang bagus dari Android. Namun kabarnya, Samsung akan menghentikan pengembangan Tizen.

Awalnya, Samsung dilaporkan menunda peluncuran smartphone Tizen. Dari semula bulan Agustus mundur dua bulan kemudian. Pasalnya, Samsung menghadapi masalah soal toko aplikasinya.


Namun menurut klaim dari Eldar Murtazin, pengamat teknologi yang seringkali tepat prediksinya, Tizen hampir mati. Tahun 2014 ini, Samsung menurutnya hanya akan merilis satu handset Tizen saja.


"Tizen hampir mati. Bukannya ditunda. Ini adalah penundaan keseluruhan proyek. Aku ragu apakah Samsung akan merilis lebih dari satu perangkat untuk 2014," tulis Murtazin di Twitter.


Tizen dikembangkan Samsung bersama Intel. Lalu apakah dengan berakhirnya proyek Tizen kerja sama antara Samsung dan Intel juga selesai?


Menurut Murtazin, Samsung akan tetap bermitra dengan Intel. Namun dalam pengembangan perangkat Android baru. Demikian seperti dikutip detikINET dari UnwiredView, Jumat (5/7/2013).


(fyk/ash)