Pengguna Internet 2,4 Miliar, Jumlah Situs Tembus 634 Juta




Jakarta - Perusahaan monitoring internet Royal Pingdom memaparkan hasil pantauannya yang berhubungan dengan gelombang statistik internet global di sepanjang 2012 lalu. Data-data ini cukup menarik untuk dibaca.

Meskipun kita telah seringkali melihat angka-angka seperti ini sebelumnya -- misalnya, pembahasan tentang Facebook yang melewati 1 miliar pengguna pada bulan Oktober, serta 200 juta pengguna Twitter pada bulan Desember.


Namun melihat semua data-data raksasa ini berkumpul dalam satu wadah mungkin bisa mengingatkan kita, betapa kecil dan tidak signifikannya kita dalam lautan luas data yang kita kenal sebagai internet, atau belakangan tenar dengan sebutan Big Data.


Highlights dari daftar ini termasuk 2,2 miliar pengguna email di seluruh dunia -- 425 juta menggunakan Gmail, menjadikannya sebagai layanan email terbesar saat ini), 634 juta website (dengan penambahan 51 juta situs ke web setiap tahunnya) dan 246 juta pendaftaran nama domain pada tahun 2012.


Ada 100 juta nama domain dotcom (sejak pertama terdaftar pada tahun 1985), 2,4 miliar pengguna internet di seluruh dunia, dan 1,2 triliun pencarian Google pada tahun 2012.


Di segmen media sosial, pada tahun 2012 lalu ada 2,7 miliar 'like' di Facebook setiap harinya, 175 juta tweet yang dikirim di Twitter setiap hari, sedangkan tombol +1 Google telah digunakan sebanyak 5 miliar kali per hari.


Terakhir, ada 1,3 miliar smartphone yang digunakan di seluruh dunia pada akhir 2012, 4 miliar jam video yang ditonton di YouTube setiap bulan, dan 7 petabyte foto yang diposting ke Facebook setiap bulan.


Demikian data-data hasil pantauan Royal Pingdom seperti dikutip detikINET dari Mashable, Senin (21/1/2013). Kira-kira di akhir 2013 nanti, angka-angka ini akan bertambah jadi berapa ya?


( rou / fyk )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!