Motorola Solutions Giat Ekspansi Bisnis di Asia




Radio Motorola (fyk/detikINET)


Kuala Lumpur - Benua Asia yang terus tumbuh tingkat perekonomian dan pendapatan per kapita penduduknya menjadi pasar yang menggoda bagi para vendor teknologi. Seperti Motorola Solutions yang sedang giat mengepakkan sayap bisnis di benua kuning ini.

Motorola Solutions selama ini dikenal sebagai perusahaan yang berkiprah di sektor layanan dan produk komunikasi untuk kalangan pemerintah dan enterprise. Salah satu produk mereka yang populer adalah radio dua arah.


"Penduduk Asia kian melek teknologi antara lain ditandai meledaknya penggunaan smartphone. Para perusahaan pun banyak yang berminat memakai layanan Motorola Solutions," klaim Grace Ho, Head of Solutions Sales Asia Pacific dalam temu media di Kuala Lumpur.


Terdapat beberapa solusi teknologi yang coba ditawarkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat ini. Yaitu dalam sektor public safety, retail, healthcare, manufacturing & logistic, mining & energy, hospitality serta transportation.


Di bidang retail misalnya, Motorola mengembangkan solusi untuk menganalisis kebiasaan berbelanja konsumen sehingga pengelola tahu tindakan yang tepat dalam menjaga loyalitas. Juga solusi untuk menjaga pasokan barang.


Perusahaan retail besar seperti Tesco atau Walmart secara alami adalah konsumen prospektif untuk Motorola Solutions. Namun juga semakin banyak perusahaan skala menengah di Asia. yang semakin melek teknologi ingin menerapkan solusi yang serupa.


"Jadi memang benar terdapat kesempatan bisnis yang sangat besar di Asia. Strategi kami adalah bekerja sama dengan partner lokal untuk meningkatkan pasar," terang Ho.


Di Indonesia sendiri, Motorola Solutions telah berkiprah cukup lama. Saat ini, solusi Motorola Solutions yang banyak digunakan di Indonesia berada pada bidang public safety, mining & energy, retail dan manufacturing.


"Paling banyak yang menggunakan solusi Motorola di Indonesia adalah pemerintahan dengan pasar mencapai 65%," tutur Oka Prawira Putra, President Director Motorola Solutions Indonesia.


( fyk / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!