Orang India Resmi Jadi CEO Nokia

Jakarta - Usai menjual unit bisnis ponselnya kepada Microsoft, grup Nokia menunjuk CEO baru. Sesuai prediksi, pria keturunan India Rajeev Suri ditunjuk menjadi CEO Nokia.

Suri akan memimpin bisnis Nokia yang kini tidak lagi berjualan ponsel. Untuk diketahui, Nokia hanya menjual bisnis ponselnya pada Microsoft senilai USD 7 miliar, namun mereka masih memiliki unit bisnis lainnya.


Suri sudah berpengalaman memimpin Nokia Solutions and Networks (NSN), unit bisnis Nokia. Di bawah kepemimpinan pria usia 46 tahun ini, NSN lumayan sukses performa bisnisnya.


"Rajeev adalah orang yang tepat untuk memimpin perusahaan ke depan. Dia punya kemampuan yang sudah terbukti untuk memicu inovasi dan pertumbuhan serta mencapai hasil," sebut Chairman Nokia, Risto Siilasmaa, yang detikINET kutip dari Reuters, Selaa (29/4/2014).


Di bawah kepemimpinan Suri, NSN membukukan penjualan mencapai USD 11,3 miliar tahun lalu. Padahal tahun-tahun sebelumnya, NSN merugi sebelum kedatangan Suri.


Suri akan memimpin bisnis Nokia saat ini yaitu infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi (Nokia Solutions and Networks), layanan peta digital dan navigasi (Here), serta pengembangan teknologi dan lisensi paten (Advanced Technologies).


Di bidang infrastruktur jaringan, Suri harus mewaspadai persaingan bisnis yang semakin ketat. NSN kini mendapat ancaman dari rival yang agresif, terutama raksasa telekomunikasi asal China, Huawei dan pemimpin pasar, Ericsson.


(fyk/eno)