Elop: Smartphone Nokia akan Hilang

Jakarta - Nokia sudah resmi menjadi milik Microsoft dengan nilai akuisisi di kisaran USD 7 miliar. Apa yang akan terjadi pada perusahaan ponsel legendaris yang dulu pernah sangat berjaya ini?

Timbul gosip Microsoft akan menghilangkan merek Nokia. Rupanya gosip itu ada benarnya walaupun tidak sepenuhnya. Meski brand Nokia masih akan eksis, namun sepertinya tidak akan dipakai oleh Microsoft di segmen smartphone.


"Brand Nokia tersedia bagi Microsoft untuk digunakan di produk ponselnya selama beberapa waktu, namun Nokia sebagai brand tidak akan lama digunakan untuk smartphone. Sedang ada pemilihan merek smartphone (Microsoft-red)," sebut Stephen Elop, mantan CEO Nokia yang kini menjadi Head of Microsoft's Devices Group, seperti dikutip detikINET kutip dari Cnet, Selasa (29/4/2014).


Dari pernyataan Elop tersebut, sepertinya merek Nokia masih akan digunakan di feature phone atau di Nokia X yang berbasis Android. Namun tidak akan lagi digunakan untuk merek smartphone yang diproduksi Microsoft di masa depan.


Stephen Elop sendiri menjadi CEO Nokia sejak tahun 2010 sampai tahun 2013 di mana dia menyetujui Nokia dibeli Microsoft. Di bawah kepemimpinannya, Nokia meninggalkan OS Symbian dan memilih mengadopsi Windows Phone.

(fyk/ash)