Facebook Messenger Makin Mirip WhatsApp

Jakarta - Facebook Messenger dan WhatsApp idealnya layanan yang saling melengkapi karena mempunyai induk semang yang sama. Namun kenyataanya, kedua instant messaging ini justru terkesan saling bersaing.

Dalam soal jumlah pengguna, WhatsApp sudah berhasil mencapai milestone setengah miliar sedangkan Facebook Messenger diklaim kini mempunyai 200 juta pengguna aktif.


Bahkan untuk bisa mengalahkan WhatsApp, Facebook Messenger baru-baru ini menambahkan fitur baru agar pengguna layanan ini semakin nyaman menggunakannya.


Dikutip detikINET dari Mashable, Selasa (29/4/2014), fitur tersebut adalah kemampuan untuk berbagi video dengan sesama pengguna Facebook Messenger.


Tak cuma itu, fitur baru lainnya memungkin pengguna berbagi foto secara langsung dengan mode selfie. Ya, kini kamera depan bisa langsung dijepret kemudian dikirimkan ke teman di kontak.


Fitur sebelumnya akan tetap ada, seperti mengambil foto dari album ponsel. Tambahan ini setidaknya memberikan alternatif lain untuk memanfaatkan Facebook Messenger.


"WhatsApp adalah jalan kami untuk menghubungkan dengan 1 miliar orang. Memang membutuhkan waktu yang tak sebentar, tapi saya bergembira dengan kerjasama dengan dia dan timnya untuk membuat dunia lebih terbuka dan terhubung," kata CEO Facebook Mark Zuckerberg.


Facebook sendiri resmi mengakuisisi WhatsApp dengan nilai yang sangat wah, yakni USD 19 miliar atau sekitar Rp 209 triliun. Selain mengakuisisi perusahaan, Facebook juga mengangkat Jan Koum sang pendiri WhatsApp sebagai bagian dari direksinya.


(tyo/rou)