Mau Istirahat Berkualitas? Stop Tidur Bareng Ponsel

Jakarta - Seakan tak puas menemani aktivitas sehari-hari, penggunaan ponsel juga sering bablas sampai dibawa ke tempat tidur. Sebuah survei menyebutkan bahwa sebagian besar pengguna ponsel selalu membawa ponsel miliknya menemani tidur.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Big Brand Beds, perusahaan asal Inggris, mengungkapkan bahwa 95% pengguna ponsel kerap membawa ponsel miliknya ke tempat tidur. Sekadar mengakses Facebook, Twitter, Path, mengobrol dengan teman via WhatsApp ataupun bermain game.


Adapun rentang umur yang melakukan itu didominasi oleh usia 18-29 tahun. Dari presentase 95% tersebut, bahkan seperti detikINET kutip Ubergizmo, Selasa (29/4/2014), 50% di antaranya rela terbangun pada dini hari hanya untuk mengecek notifikasi yang masuk pada ponselnya.


Selain itu, 63% koresponden juga mengaku menjalani tidur yang tak nyaman. Meski tidak dijelaskan, selain tingkat stress ataupun konsumsi kafein berlebih, penggunaan ponsel sebelum tidur mulai disebut-sebut sebagai faktor yang mengakibatkan hal tersebut.


Tak dapat dipungkiri, hasil survei tersebut memang bisa dibilang mewakili aktivitas harian pengguna ponsel saat ini. Fungsi ponsel yang tak lagi sekadar untuk menelepon dan berkirim SMS, dengan sendirinya memang telah membuat penggunanya melakukan ‘ritual malam' tersebut yang berujung menurunnya kualitas tidur.


(yud/rou)