Indosat Siapkan SaaS Data Center Bali

Jakarta - Tak sekadar menawarkan layanan data center, Indosat juga menyiapkan infrastruktur yang baru didirikannya di Bali untuk menyodorkan solusi Software-as-a-Service bagi segmen korporasi di pulau Dewata tersebut.

Gidion Barus, Division Head IT Solution Indosat menjelaskan, melalui layanan SaaS yang ditawarkannya, Indosat akan menyediakan kebutuhan aplikasi yang diperlukan dalam mendukung berjalannya bisnis semisal akunting, HR, document management, web builder, antivirus, ataupun mail marketing.


"Untuk SaaS, kami memiliki programmer yang akan mengembangkan aplikasi sesuai kebutuhan korporasi," ujarnya di acara launching data center Indosat di Bali.


Layanan lainnya yang disodorkan Indosat melalui layanan data center-nya adalah Backup-as-a-Service. Layanan ini lebih ditujukan bagi korporasi yang telah memiliki data center sendiri. Lewat layanan ini, selain memiliki fasilitas backup di data center-nya sendiri, korporasi juga memiliki alternatif backup di lokasi berbeda.


Layanan ini pun diyakini mampu mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi pada fasilitas backup utama. Karena, korporasi dapat dengan mudah melakukan recovery dari alternatif backup yang berada di lokasi berbeda.


Tambahan lain, kehadiran solusi ini juga diklaim mampu menjawab kebutuhan korporasi yang membutuhkan solusi alternatif backup di lokasi berbeda secara efisien, ketimbang membangun sendiri fasilitas backup terpisah yang tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit.


(yud/rns)