Buka Pre Order, BlackBerry Q10 Dirilis 30 April

Kanada - BlackBerry Q10 siap lepas landas untuk melenggang ke pasar ponsel dunia. Peluncuran pertama kemungkinan besar akan dilakukan di 'kampung halaman' BlackBerry, Kanada.

Operator setempat, Roger, dilaporkan bakal mulai menjual BlackBerry Q10 pada 30 April 2013. Computer World melansir, Roger akan mulai buka pre order pada hari ini, Rabu (10/4/2013).


Kabar ini memang tak datang langsung dari Roger, melainkan dari bocoran memo internal milik operator seluler besar tersebut.


Belum disebutkan lebih lanjut berapa harga jual BlackBerry Q10. Namun sebelumnya, handset hibrid -- layar sentuh dan keyboard qwerty -- itu diisukan bakal dilepas di kisaran harga Rp 7,8 juta.


Harga tersebut pun kemungkinan bakal sama seperti di Indonesia yang rencananya baru akan masuk pada bulan Mei mendatang. Meski lebih mahal dari para pendahulunya, Z10, namun Q10 yang menawarkan keypad Qwerty pertama BlackBerry 10 ini diyakini akan laku keras.


"Memang mahal, tapi saya yakin Q10 bakal laku keras secara penjualan Dakota di Indonesia tertinggi, mungkin sekitar 2 juta unit," kata salah satu orang operator mitra BlackBerry kepada detikINET.


Spesifikasi BlackBerry Q10 sejatinya tak jauh berbeda dengan Z10. Perbedaan terjadi lebih dari sisi fisik, sebab Q10 bertipe hibrid.


Layar Q10 memiliki dispay 3,1 inch Super Amoled dengan resolusi 720x720 360 ppi. Q10 berbobot sedikit lebih berat ketimbang Z10, yakni 139 gram.


Hanya saja dari sisi 'jeroan' Q10 sama persis dengan Z10. Dibenamkan 'otak' dual core 1,5 GHz, 2 GB RAM, 16 GB flash, kamera 8 MP (belakang) dan 2 MP (di sisi depan), serta dilengkapi dengan konektivitas 4G LTE dan NFC.


Jika seri-seri qwerty BlackBerry sebelumnya selalu memiliki tombol 'call', 'menu', 'back', 'off' dalam bentuk fisik. Nah, pada seri Q10, tombol-tombol fisik tersebut dihilangkan. Termasuk keberadaan trackpad yang tak ada lagi.


Toh, untuk urusan navigasi, user tinggal langsung menyentuh layar karena ponsel ini sudah mendukung touch screen yang responsif.


Baca juga:


-. Review Z10, Ponsel Pertaruhan Nasib BlackBerr y.

-. 5 Kesimpulan Setelah Menggunakan BlackBerry Z10.


-. Ini Dia Review Awal BlackBerry Z10.


(ash/rns)