Thunderbolt 2.0 Tembus Kecepatan 20 Gbps




Ilustrasi (Ist.)


Jakarta - Thunderbolt sebagai interface yang dipilih Apple untuk disematkan pada perangkatnya, diklaim mampu menawarkan kecepatan transfer data hingga 10 Gbps.

Namun pada event National Association of Broadcasters (NAB) 2013 yang dihelat di Las Vegas, AS, pembesut Thunderbolt yakni Intel memperkenalkan versi terbarunya yakni Thunderbolt 2.0. Inovasi ini diklaim mampu menghadirkan kecepatan transfer data hingga 20 Gbps (Gigabits per second).


Selain hadir dengan kabel yang lebih tipis, Thunderbolt 2.0 mampu meraih kecepatan 20 Gbps pada kedua arah (full duplex).


Lebih lanjut, teknologi Thunderbolt 2.0 yang akan hadir di pasaran pada beberapa bulan ke depan tersebut, kabarnya telah diminati hingga 200 lisensi dan diprediksi masih akan bertambah.


Pada peluncuran tersebut, Intel turut memperkenalkan Thunderbolt host controller yang mengusung kode Redwood Ridge. Kontroler tersebut nantinya akan terintegrasi dengan prosesor core generasi keempat yang bakal hadir.


Dikutip detikINET dari Engadget, Selasa (9/4/2013), dengan kemampuannya, Thunderbolt 2.0 diklaim mampu melakukan streaming video dengan resolusi 4K secara simultan.


Hal ini dibuktikan melalui demo yang dilakukan oleh Intel, dimana Thunderbolt 2.0 sukses melakukan transfer data pada kecepatan 1,2 GB/s (Giga Byte per second).


( ash / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!