Teror Virus Nuklir Belum Usai

Singapura - Masih ingat Stuxnet? Ancaman virus yang memyerang sejumlah fasilitas nuklir itu ternyata belum usai. Setelah 2 tahun program jahat itu masih terus berkembang.

Ya, sekitar 2 tahun lalu jagat maya dihebohkan dengan ditemukannya Stuxnet, virus canggih yang dibuat dalam bahasa pemograman paling sulit dan paling besar. Konon ada ratusan ribu baris kode di dalamnya.


Stuxnet kini masih terus dikembangkan oleh para penjahat cyber. Terakhir para pemburu virus menemukan Flame dan Doqu, contoh virus yang merupakan keturunan Stuxnet.


Memang, virus ini tidak memiliki kemampuan mengendalikan perangkat berbasis SCADA, namun tetap saja tergolong berbahaya karena kemampuan merusaknya yang tak kalah hebat.


Ancaman Stuxnet lain pun disinyalir tetap akan bergulir di tahun 2013 ini. Paling tidak itulah prediksi Trend Micro sebagai salah satu produsen antivirus yang sudah 25 tahun menekuni industrinya.


"Para penerus Stuxnet kami prediksi akan terus mengintai. Mereka akan fokus menyerang Industrial Control System (ICS)," ujar JD Sherry, Global Director of Technology and Solutions Trend Micro.


ICS merupakan seperangkat alat, sistem, dan jaringan yang dipakai untuk mengendalikan mesin secara otomatis. Perangkat ini biasanya dipakai di industri otomotif, transportasi, hingga pengelolaan energi.


Fungsinya yang amat penting itu membuat para penjahat cyber tertarik untuk meliriknya, dan dalam setahun terakhir serangan jenis ini diklaim sudah menjadi perbincangan hangat di komunitas hacker 'bawah tanah'.


Percobaan terhadap serangan fasilitas itu pun dipercaya terus meningkat. Terlebih, para peretas bisa mendapatkan informasi instansi yang menggunakan sistem itu melalui Google dan situs-situs seperti Pastebin.


"ICS sudah menjadi target. Sampai ada sistem proteksi yang memadai, maka serangan ke fasilitas ini akan terus meningkat dan bisa menimbulkan kerusakan yang fatal," tutup Sherry, di sela konferensi pers Trend Micro Asia Pasifik, di Grand Park Orchard, Singapura.


Baca juga:

-. Mereka yang Jadi Bulan-bulanan Hacker China

-. Mengenal Anonymous, Grup Hacker Paling Berpengaruh di Dunia

-. 5 Negara dengan Tentara Cyber Terkuat


(eno/ash)