Pembajak Film di BitTorrent Dibui

Amerika Serikat - Salah satu kelompok yang secara rutin mengedarkan film bajakan di jaringan BitTorrent akhirnya dibekuk pemerintah Amerika Serikat. Ia pun dikenai hukuman 23 bulan di dalam penjara.

Grup yang dikenal dengan nama IMAGiNE itu memang kerap membajak film yang baru saja dirilis di bioskop. Beberapa film besar yang menjadi korban di antaranya adalah Avatar, The Men Who Stare At Goats, Clash of the Titans dan masih banyak lagi.


Kelompok pembajak itu dikendarai oleh 5 orang dan mereka sudah melakukan aktivitasnya sejak September 2009, sebelum akhirnya ditutup pada Desember 2011.


Metode yang dilakukan tim IMAGiNE untuk membajak film sejatinya terbilang sederhana, namun ampuh. Terkadang mereka memanfaatkan sinyal suara infra merah yang biasanya dipakai untuk alat bantu dengar, selain itu mereka juga menyadap sinyal FM dari sistem audio bioskop tersebut. Sehingga suara yang direkam terdengar berkualitas.


Seperti dikutip detikINET dari arstechnica, Kamis (11/4/2013), kini seluruh anggota IMAGiNE terpaksa harus mendekam di bui. Bahkan ketua kelompok tersebut, Jeramiah Perkins, dihukum selama 5 tahun.


(eno/ash)