Gara-gara Android, Google Diselidiki Uni Eropa




Ilustrasi (ist)


Jakarta - Google sedang diselidiki oleh lembaga Uni Eropa. Terkait dengan keluhan yang disampaikan pada sistem operasi Android milik raksasa teknologi itu.

Joaquin Amalia selaku Competition Chief Uni Eropa menyatakan sedang memeriksa Android secara independen. Mereka menanggapi keluhan dari Fairsearch Europe, sebuah grup perusaaan yang terdiri dari Microsoft, Nokia dan Oracle.


Grup tersebut menuduh Google menyalahgunakan Android dengan memanfaatkannya sebagai wadah bagi aplikasi kunci Google di 70% smartphone yang dikapalkan saat ini.


Google memang menyediakan Android secara gratis, namun kemudian memaksa semua layanannya dipakai. Menurut Fairsearch, itu adalah upaya Google untuk memonopoli pasar mobile dan mengontrol data konsumen.


"Google menulis kebijakan yang mengatur ekosistem mobile, dari developer aplikasi, pembuat perangkat dan pengiklan untuk memihak Google. Monopoli mobile ini tidak baik," kata Thomas Vinje selaku pengacara Fairsearch.


"Kami meminta Komisi Eropa untuk bergerak cepat melindungi kompetisi dan inovasi dalam pasar yang penting ini," tambahnya


Google sendiri siap diinvestigasi Uni Eropa. "Kami terus bekerja sama secara kooperatif dengan Komisi Eropa," demikian pernyataan Google yang detikINET kutip dari Cnet, Selasa (9/4/2013).


( fyk / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!