Microsoft Patenkan User Interface 3D

Jakarta - Tampilan 'kotak-kotak' ala Windows Phone dan Windows 8 memang pilihan yang menarik yang dihadirkan Microsoft. User Interface tersebut seragam, baik di perangkat mobile maupun desktop, sehingga user tak akan asing saat berpindah perangkat.

Sayangnya, kebanyakan pengguna pemula menganggap tampilan yang sempat disebut sebagai 'Metro' ini sangat membingungkan. Setidaknya, jika dibandingkan dengan tampilan Windows versi lama.


Kabarnya, Microsoft berencana merombak tampilan OS-nya tersebut. Berdasarkan keterangan paten terbaru, Microsoft tampaknya sudah menyiapkan sesuatu yang baru untuk user interface-nya.


Yang menarik, seperti dikutip dari Ubergizmo, Jumat (31/12/2013), user interface yang digambarkan dalam paten ini memiliki tampilan 3D. Dengan tampilan ini, page akan digantikan dengan balok-balok 3D. Saat akan berganti akses dari aplikasi atau fitur, pengguna melakukan swipe untuk memutar-mutar balok tersebut.


Namun tidak diketahui, apakah paten ini nantinya akan diterapkan atau tidak. Yang jelas, jika memang akan mengganti user interface, Microsoft sepertinya memang sudah mempersiapkannya dengan matang, termasuk soal penamaannya.


Dalam waktu hampir bersamaan, Microsoft juga memperkaya trademarknya dengan mematenkan kata 'Mod'. Spekulasi berkembang, 'Mod' akan menggantikan kata 'Metro' yakni sebutan Microsoft untuk user interface Windows 8.


(rns/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!