Apple Kesulitan Garap iWatch

Jakarta - Sepertinya tak mudah bagi Apple untuk menggarap smartwatch. Laporan terbaru menyebutkan, pembesut iPhone ini mengalami kesulitan dengan material yang akan digunakan untuk jam tangan pintar tersebut.

Penggunaan material yang sulit memenuhi desain yang diinginkan Apple disebut sebagai sumber masalahnya. Alhasil, iWatch -- demikian nama yang santer disebutkan untuk smartwatch Apple -- belum kunjung dipublikasikan perusahaan asal Cupertino tersebut.


Rangka pada smartwatch yang ingin digunakan Apple adalah jenis Metal Injection Moulded (MIM). Kesulitan muncul kala Apple menginginkan rangka MIM diproses lebih lanjut dengan spraying treatment untuk membuatnya tetap dapat rigid dalam waktu yang lama.


Masalahnya, sejumlah vendor yang ditunjuk Apple mengeluhkan sulitnya permintaan Apple tersebut. Selain harga yang dapat meroket, vendor pun harus juga mengeluarkan investasi yang tidak sedikit untuk menyiapkan alat yang dapat menangani proses pengolahan material seperti itu.


Dengan hadirnya hambatan ini, kemungkinan besar Apple iWatch akan semakin mundur peluncurannya. Seperti detikINET kutip dari Phone Arena, Jumat (3/1/2014), kemungkinan besar iWatch baru akan hadir sekitar pertengahan tahun 2014.


Selain masalah tersebut, kesulitan lain juga pernah dialami Apple dalam pengembangan iWatch. Karena dirasa iWatch yang dikembangkannya kurang memiliki keunikan yang memikat, Apple pun menggaet banyak tenaga ahli untuk memberinya sentuhan.


Tidak hanya iWatch, produsen lain yang juga bersiap meluncurkan smartwatch besutannya masing-masing pada tahun 2014 adalah LG, Nike, Casio, dan Adidas.


Hmm.... Jika masalah Apple belum terselesaikan, bisa jadi iWatch bakal tersalip oleh banyak produk pesaingnya.


Artikel Terkait:

-. Mencoba Galaxy Gear, Jam Pintar ala Samsung

-. Ini Para Lawan Smartwatch Samsung Gear

-. Seperti Apa Fungsi Jam Tangan Pintar Apple iWatch?

-. Konsep iWatch, Jam Tangan Pintar Apple

(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!