'Sihir' BlackBerry Messenger

Jakarta - Langkah BlackBerry melepas fitur BlackBerry Messenger (BBM) ke iOS dan Android memang bak sebuah perjudian. Namun langkah ini bisa jadi memang untuk menyelamatkan eksistensinya di pasar Asia.

Seperti detikINET kutip dari Forbes, Kamis (2/1/2013), aplikasi BBM ternyata masih memiliki daya tarik yang kuat di pasar Asia. Setelah dua bulan lebih melenggang di platform iOS dan Android, aplikasi ini masih banyak di-download oleh pengguna dari kedua platform tersebut.


Disebutkan, aplikasi BBM berhasil mendapatkan awareness di beberapa negara dengan menduduki peringkat lima besar di Apps Store dan Google play. Di Indonesia, BBM menduduki posisi nomor satu, sementara di India berada di nomor 24, dan Malaysia di nomor 60 untuk aplikasi yang diunduh oleh pengguna iPhone.


Pengguna BBM di Asia ternyata lumayan terikat dengan aplikasi ini, terutama untuk negara seperti Indonesia, Malaysia, dan Filipina. BBM juga berhasil membuat pelanggannya terikat mengalahkan aplikasi messaging seperti Line, KakaoTalk, dan WeChat.


Pengguna iPhone di negara berkembang diyakini memiliki pengaruh besar di pasar dan menjadi incaran untuk mobile marketing. BlackBerry sendiri akan memasukkan beberapa fitur baru untuk BBM di Android dan iOS seperti BBM Voice, BBM Channels, dan emoticon baru.


Artikel Terkait:

-. Ini Fitur Anyar BBM Android & iOS

-. Serba-serbi BlackBerry Jakarta

-. 5 Pernyataan Ngaco Mantan Bos BlackBerry

-. Z30, Persembahan Terbaik BlackBerry


(rou/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!