Google Glass akan Jadi Kunci Mobil Hyundai

Jakarta - Google Glass makin bikin penasaran. Tidak hanya tampil eksotis, kacamata pintar besutan Google ini dapat dipakai menggantikan fungsi benda lain. Seperti yang dilakukan produsen mobil Hyundai, Google Glass ingin digunakan sebagai pengganti kunci kontak.

Untuk menghubungkan keduanya, Hyundai telah menyiapkan sebuah aplikasi yang disebut sebagai Blue Link. Setelah terkonfigurasi melalui Blue Link, layaknya sebuah kunci mobil, Google Glass akan mampu membuka pintu mobil dan menjalankan fungsi-fungsi seperti yang dapat dilakukan kunci mobil.


Artinya, pemilik mobil Hyundai tak perlu lagi mengeluarkan kunci mobilnya bila ingin membuka pintu. Mengandalkan Google Glass, cukup dengan mengucapkan perintah, pintu mobil akan terbuka. Kedepannya kemampuannya juga akan ditingkatkan untuk dapat mengakses fitur lainnya.


Konektivitas yang digunakan memang belum jelas, namun kemungkinan besar Blue Link dan Google Glass dapat terhubung menggunakan 2 koneksi yakni Bluetooh dan jaringan seluler. Nantinya Google Glass juga dapat digunakan untuk menemukan posisi mobil dengan GPS.


Tidak sebatas Google Glass, kedepannya Hyundai bakal mempeluas dukungan Blue Link pada wearable gadget lain, misalnya smartwatch. Namun tampaknya, masih cukup lama teknologi ini bisa digunakan pengguna mobil Hyundai.


Seperti detikINET kutip dari Engadget, Sabtu (4/1/2014), disebutkan Hyundai baru akan meluncurkannya pada tahun 2015. Adapun produk Hyundai pertama yang akan disematkan teknologi ini adalah tipe mobil Hyundai Genesis.


(yud/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!