Ponsel Android HTC Terancam Diblokir

Jerman - Perang paten yang cukup sengit tengah terjadi antara Nokia dengan HTC di beberapa negara. Nokia berada di atas angin karena berhasil meyakinkan pengadilan untuk memblokir penjualan ponsel HTC yang dianggap melanggar paten teknologi.

Pengadilan Munich Regional Court di Jerman menyatakan semua model ponsel Android HTC yang saat ini dipasarkan di negara itu, layak untuk dicekal atas pemintaan Nokia. Hakim Matthias Zigan yang memimpin persidangan menyatakan bahwa paten Nokia yang dilanggar HTC berkaitan dengan metode transfer informasi melalui NFC atau bluetooth.


HTC masih bisa melakukan banding atas keputusan tersebut. Jika tetap kalah dalam proses banding, maka model ponsel Android HTC bisa langsung diblokir penjualannya di Jerman. Atau jalan tengahnya, HTC mau membayar lisensi paten pada Nokia.


Sebelumnya, Nokia sudah berhasil memblokir penjualan HTC One Mini di Inggris terkait pelanggaran paten. Namun pihak HTC masih berupaya naik banding untuk mementahkan keputusan tersebut.


Baik HTC dan Nokia sejatinya sedang kepayahan di industri ponsel dunia. Nokia telah diakuisisi Microsoft dan HTC terus menurun penjualannya meski memiliki produk yang bagus. Demikian seperti detikINET kutip dari BGR, Kamis (2/1/2014).


(fyk/eno)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!