iPad Jumbo Dibekali Fitur Eye Tracking?

Jakarta - Isu mengenai tablet PC jumbo Apple kembali bergulir. Selain akan mengusung layar 12,9 inch, disebutkan Apple bakal membekalinya dengan fitur anyar yang disebut eye tracking. Seperti apa?

Sejauh ini informasi terkait fitur tersebut memang masih minim. Namun spekulasi yang beredar menyatakan fitur eye tracking itu memiliki kesamaan dengan fitur smart scroll dan smart pause milik Samsung di Galaxy S4.


Artinya, saat akses internet, layar secara otomatis melakukan scroll kala penguna sedikit menganggukkan kepala ke bawah atau ke atas. Atau saat nonton video, bila pengguna menoleh dari layar, otomatis video yang diputar terhenti karena mendeteksi ketidakhadiran pandangan mata.


Pun begitu, kesamaan tersebut masih bersifat dugaan. Karena bisa jadi Apple akan mengemasnya dengan cara yang berbeda dari Samsung.


Selain fitur eye tracking, informasi lain terkait tablet garapan Apple yang mungkin disebut iPad Pro ini, seperti detikINET kutip dari Ubergizmo, Sabtu (4/1/2014), adalah penggunaan resolusi layar 4K (3840x2160 pixel). Pun begitu dikatakan model awalnya hanya menyodorkan resolusi 2K.


Menariknya, produsen lain yang diketahui tengah mengembangkan perangkat tablet dengan dimensi lebar adalah musuh bebuyutan Apple, Samsung. Mengusung ukuran 12.2 inch, sepertinya Samsung akan kembali menyalip Apple soal waktu peluncuran.


Karena seperti dilaporkan sebelumnya, perangkat dengan sebutan Galaxy Note 12.2 inch tersebut telah mendapatkan sertifikasi dari Federal Communications Commision (FCC).


(yud/fyk)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!