Mengedit Foto Kemerahan di Dalam Ruangan

Jakarta - Saya pernah mengambil foto saat ada acara di kantor yang ruangannya disinari lampu neon dan tidak terlalu terang. Karena acaranya sambil duduk dan dialasi dengan karpet merah, ternyata semua hasil fotonya berwarna kemerahan. Dan saya sudah gonti-ganti setting, kira-kira apa yang menjadi kendala. Mohon penjelasannya. (Aep Sank)

Jawaban:


Kalau bias warna pantulan karpet merah, tenda biru dan sebagainya memang sangat sulit untuk diatasi dengan setting kamera saja, bahkan mustahil jika warnanya terlalu kuat. Solusinya adalah dengan menggunakan layer adjustment photo filter di Adobe Photoshop.


Contoh foto yang warnanya terlalu merah/orange karena lampu di dalam restoran.


Langkah-langkahnya seperti di bawah ini:


1. Buat adjustment layer


Next


(jsn/ash)
http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpgEnche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.