Game PC Lebih Menguntungkan Dibanding Konsol

Jakarta - Banyak yang mengira bahwa pendapatan para produsen game PC itu lebih sedikit dibanding game konsol. Tapi tidak menurut analis yang satu ini, ia meyakini PC lebih menguntungkan.

Dulu, saat harga komponen pendukung game di PC masih terbilang mahal, banyak gamer yang memilih untuk bermain di konsol. Mereka tak perlu pusing memikirkan soal spesifikasi atau yang lainnya, tinggal masukkan kepingan maka game siap dimainkan.


Tapi menurut David Cole, pemilik lembaga analis pasar DFC Intelligence, saat ini kondisinya sudah mulai berbalik. Konsol sudah terbilang mahal dan bukan sebagai kebutuhan, sementara PC sudah menjadi barang wajib. Game untuk komputer pun kini sudah tidak 'lapar' spesifikasi.


"Ada beberapa gamer yang kini tetap memainkan game PC walau mereka sudah memiliki konsol, ini kan berarti pengguna PC lebih banyak," kata Cole, seperti dilansir The Escapist dan dikutip detikINET, Senin (28/4/2014).


Lebih lanjut Cole juga menyebutkan beberapa contoh game yang sukses meraup pendapatan besar tanpa mengharuskan spesifikasi komputer kelas atas.


"Game Multiplayer online battle arena (MOBA) seperti League of Legends dan Dota 2 paling mendominasi dibanding game manapun," klaim Cole.


Dengan seluruh alasan itu Cole meyakini bahwa total pendapatan yang bisa diraup oleh produsen game bisa lebih besar dibanding konsol. Nah, tinggal para pelaku industrinya saja yang harus pintar-pintar memainkan strategi mereka.


(eno/ash)