Populer Mana, Android atau iOS?

Jakarta - Sistem operasi Android kembali membuktikan sebagai platform yang popularitasnya konsisten hingga tahun ini. Setidaknya, di negara asalnya, Amerika Serikat, Android yang didukung deretan vendor ponsel besar mampu menguasai pasar sebesar 57,6%

Menurut data yang diperoleh dari riset Kantar Worldpanel Comtech, OS besutan Google itu sukses naik hingga 8,3% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Angka yang signifikan bila melihat pesaing terdekatnya, Apple iOS, yang turun 7,8% di sepanjang periode Januari sampai Maret 2014.


Perangkat berbasis iOS hanya mampu menguasai pasar tidak lebih dari 35,9% turun dibandingkan capaian 43,7% pada kuartal sebelumnya, seperti yang dikutip detikINET dari Ubergizmo, Senin (28/4/2014).


Tidak cuma di Amerika Serikat saja, penurunan iOS dan kenaikan Android terjadi di sejumlah negara besar. Misalnya saja di Jerman yang mana market share Android mencapai 77% atau naik 3,4% dibandingkan kuartal sebelumnya.


Sementara iOS harus puas mendapatkan market share 15,3%. Angka tersebut turun sebanyak 1,6% dibandingkan triwulan sebelumnya.


Namun situasi sebaliknya terjadi di Inggris di mana terjadi kenaikan pasar iOS dan penurunan Android. Namun memang Android masih menguasai pasar di sana dengan jumlah 56,2% sementara iOS hanya 32,1%.


(tyo/fyk)