Pembelian Goodreads oleh Amazon 'Cederai' Apple?

Jakarta - Apple rupanya sempat tertarik bekerjasama dengan Goodreads. Sayangnya, rencana ini tidak terwujud, setelah Amazon mencaplok situs raksasa bagi penggiat buku tersebut.

Laporan ini terkuak oleh Wall Street Journal yang mendapatkan informasi dari orang yang mengetahui masalah itu. Goodreads, situs rekomendasi buku populer ini dikabarkan telah melakukan perundingan dengan Apple selama lebih dari 1 tahun, demikian seperti dikutip dari WSJ, Sabtu (20/4/2013).


Layanan milik Goodreads, di mana memungkinkan pengguna untuk berbagi dan memberikan rating atas apa yang mereka baca, sedianya bakal diintegrasikan ke dalam iBookstore.


Nah, ketika Apple ingin menindaklanjuti pembicaraan tersebut sekitar bulan Maret, Goodreads dilaporkan adem ayem, tidak memberikan respon. Adapun alasannya disinyalir kuat akibat proses pembelian situs dengan lebih dari 16 juta anggota itu oleh Amazon.


Amazon dan Apple sendiri seperti diketahui merupakan pesaing di ranah digital media. Amazon telah meraih share yang baik dalam bisnis download musik digital di mana ranah ini masih didominasi iTunes.


Kompetisi tersebut makin memanas, setelah buku digital dan bisnis media bertumbuh dan menjadi salah satu fitur penting bagi pembeli komputer tablet.


Adapun akuisisi Goodreads oleh Amazon diharapkan akan rampung pada kuartal kedua tahun 2013. Kedua pihak tidak memberikan informasi menganai nilai pengakuisisian tersebut.


(sha/sha)