Konsumsi Data Diprediksi Meledak Saat Lebaran

Yogyakarta - Dibandingkan penggunaan voice dan SMS, Indosat memprediksi akan ada lonjakan besar terhadap konsumsi data pelanggan mereka saat Hari Raya Idul Fitri 2013 nanti.

Berdasarkan catatan Indosat, lonjakan penggunaan data, SMS dan voice pada hari raya selalu meningkat. Di 2012 lalu misalnya, dimana jumlah konsumsi voice meningkat 12%, sementara SMS 24% dan data melonjak 60% dibanding hari biasa.


Hal yang sama pun diprediksi akan terjadi saat lebaran tahun ini. Indosat memprediksi akan terjadi lonjakan 10%-15% untuk voice, SMS 15%-20% dan data 50%-60%.


"Tantangan terbesar itu memang bukan voice atau SMS, tapi bagaimana menyediakan layanan data yang baik," kata Jeremiah Ratadhi, Division Head Internal Quality Indosat, di sela drive test uji kualitas jaringan di Solo dan Jogja.


Nah, untuk menghadapi hal itu, Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan mereka. Terutama di sejumlah titik dengan angka pemudik yang besar. "Kapasitas voice kami tambahkan 20%, SMS 60% dan data 25%. Ini dilakukan demi melayani lonjakan trafik lebaran nanti," tambah Jeremiah.


Dengan demikian, maka kapasitas trafik suara menjadi 1.080 juta menit per hari, kapasitas pesan singkat naik menjadi 1,45 miliar SMS per hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitasnya menjadi 150 Terabyte per hari.


Secara nasional hingga triwulan pertama 2013, Indosat telah melayani 55,9 juta pelanggan dengan total dukungan 22.097 base transceiver station (BTS) baik untuk 2G maupun 3G.


(eno/rou)