Lagi, Fujifilm Stop Produksi Film Fotografi

Jakarta - Fujifilm lagi-lagi menghentikan produksi film fotografinya. Kali ini adalah giliran Fujifilm Neopan 400B&W dan film slide Provia 400X.

"Kami mengetahui bahwa penghentian dari produk yang banyak dicintai ini sangat sulit baik untuk retailer maupun pengguna," tulis Fujifilm North America Corporation. Mudah ditebak, hal ini dipicu tak lain oleh turunnya permintaan secara world-wide.


Dalam buletin yang diterima oleh Freestyle Photographic Supplies yang berbasis di Los Angeles, Fujifilm juga memutuskan penghentian itu demi efisiensi perusahaan.


Perusahaan asal Jepang ini menyarankan pada pengguna untuk mengganti Neopan 400 dengan Neopan 100 dan Provia 400X dengan Provia 100F.


Adapun penghentian produksi film fotografi ini bukan kali perdana dilakukan Fujifilm. Sebelumnya mereka telah menstop produksi Fujichrome Velvia 100F dalam format 35mm, 120 dan 4x5. Kemudian Velvia 50 dalam format 4x5 dan 8x10.


Pada bulan Mei tahun lalu, Fujifilm juga mengumumkan bahwa pihaknya hingga tak akan lagi mengapalkan film APS (Advanced Photo System)-nya. Film ini pertama kali dikembangkan tahun 1996.


(sha/ash)