Jual 76 Juta ponsel, Samsung Untung Rp 87,2 Triliun

Seoul - Samsung Electronics membukukan keuntungan USD 8,5 miliar atau sekitar Rp 87,2 triliun di kuartal II 2013. Untung raksasa ini dipicu bagusnya performa divisi ponsel yang dimotori smartphone Android.

Keuntungan Samsung meningkat 47,5% dibanding periode yang sama tahun lalu. Keuntungan USD 8,5 miliar tersebut sesuai dengan perkiraan para analis.


Samsung memang tidak mengumumkan berapa jumlah penjualan ponselnya. Namun biro riset Strategy Analytics menyebutkan di kisaran 76 juta unit, sekitar dua kali lipat penjualan iPhone di kuartal II 2013 yang mencapai 31,2 juta.


Popularitas Galaxy S4 yang ditunjang kampanye marketing besar-besaran membuat Samsung masih tidak tergoyahkan sebagai penguasa industri ponsel. Namun mereka memperkirakan pertumbuhan penjualan mungkin melambat di kuartal mendatang.


"Kami mengharapkan pendapatan akan terus meningkat. Namun demikian, kami tidak bisa mengabaikan pemulihan ekonomi di Eropa yang tertunda dan risiko persaingan," demikian pernyataan Samsung yang dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (26/7/2013).


(fyk/ash)