Sony Garap Lensa Smartphone dengan Built-in Sensor?

Jakarta - Memotret dengan kamera di ponsel agaknya akan makin menarik dengan piranti yang kabarnya tengah dipersiapkan Sony ini. Menurut rumor, perusahaan Jepang tersebut tengah menggarap lensa untuk smartphone yang mumpuni.

Ya, bukan lensa kamera smartphone biasa, namun lensa yang di dalamnya telah ditanamkan sensor. Kabar ini menyeruak dari situs Sony Alpha Rumors (SAR) yang juga membocorkan fotonya.


Tak hanya sensor, diprediksi lensa itu juga akan dibekali dengan konektivitas WiFi serta memori. Selain bisa 'bekerja' dengan smartphone, lensa ini juga bisa dipakai secara terpisah.


Dikutip dari ExtremeTech, Senin (22/7/2013), lensa pertama tersebut akan berbagi sensor dan lensa yang sama dengan seri RX100 II. Kamera saku mewah itu memiliki sensor Exmor R BSI-CMOS 20,2MP 1 inci dan lensa Zeiss f/1.8-4.9 dengan 3.6x optical zoom.


SAR mengklam, mendapatkan informasi ini dari sumber yang mengetahui hal tersebut dan kabarnya piranti yang dimaksud akan segera hadir di pasaran. Mereka juga mengklaim, bahwa "lens camera" generasi berikutnya akan memiliki model yang sama namun dengan sensor yang lebih kecil dan zoom yang lebih panjang.


Adapun dengan WiFi, pengguna dimungkinkan untuk menjadikan ponselnya salah satunya sebagai viewfinder. Lensa ini juga diprediksi akan memiliki baterai yang ditempatkan secara built-in.


(sha/ash)