Akhir Tahun, 5 BTS Telkomsel On di Perbatasan Malaysia

Samarinda - Telkomsel mengoperasikan 5 unit BTS di perbatasan Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara guna menyambut momentum Tahun Baru. Menara telekomunikasi ini siap melayani warga perbatasan Malinau-Malaysia akan layanan voice, SMS dan data.

"Ada 6 BTS, 5 BTS baru-baru ini sudah on air di perbatasan Malinau dengan Malaysia. BTS itu ada di Data Dian, Long Alango, Long Ampung, Long Nawang dan Long Berang. Satu BTS lagi di Long Pujungan sedang dalam proses," kata GM Head of ICT Network Telkomsel Regional Kalimantan, Ardhiono Trilaksono, kepada detikINET.


Telkomsel awalnya ingin mengoperasikan 9 BTS untuk melayani masyarakat perbatasan dengan Malaysia. Namun sementara ini, baru 6 site BTS yang telah disetujui dan mendapatkan dukungan transmisi satelit.


Pengoperasian BTS merupakan tindak lanjut kerjasama dengan Pemkab Malinaubeberapa waktu lalu untuk membuka keterisolasian dari layanan telekomunikasi selular. Diharapkan dengan hadirnya sinyal selular, dapat lebih menggairahkan kegiatan ekonomi masyarakat setempat.


"Kerjasama dengan Pemkab Malinau itu antara lain berupa penyediaan lokasi dan tower, Telkomsel masuk berupa perangkat, BTS dan instalasi ke satelit Telkom," ujar Ardhiono.


"BTS di perbatasan itu support layanan data hingga 128 Kbps. Yang terpenting bahwa kehadiran kami membuka keterisolasian dengan layanan voice dan juga layanan data," tambahnya.


Dijelaskan Ardhiono, melayani Kalimantan, hingga penghujung 2013 Telkomsel, mengoperasikan total sekitar 6.200 BTS 2G/3G yang terdiri dari sekitar 3.900 BTS 2G/DCS dan tidak kurang dari 2.000 BTS 3G.


"Jumlah terkini BTS di Kalimantan dan yang akan beroperasi hingga 31 Desember 2013 mendatang ada sekitar 6.200 BTS 2G maupun 3G. Rinciannya antara lain BTS 3G sebanyak 2.300 BTS," tutup Ardhiono.


(ash/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!