Dual Boot Ubuntu dan Android, Bisa Kok!

Jakarta - Ubuntu Touch makin menggoda. Setelah diisukan bakal meluncurkan smartphone pertamanya di 2014 mendatang, Canonical selaku pembesutnya kini membocorkan kemampuan Ubuntu Touch yang dapat jalan berdampingan dengan Android dalam satu ponsel.

Meski masih bersifat preview oleh pengembang, kemampuan ini memang terbilang menjanjikan, terutama bagi pengguna yang ingin mencoba Ubuntu Touch tanpa harus meninggalkan Android yang telah familiar digunakannya.


Seperti detikINET kutip dari The Register, Selasa (24/12/2013), cara menggunakannya pun terbilang mudah. Melalui pilihan yang ada dalam Ubuntu Touch, pengguna akan dihadapkan pilihan untuk memilih boot ke Android atau tetap menuju Ubuntu Touch.


Sekilas konsep ini memang mirip dengan fitur Bootcamp milik Apple, namun Apple menujukannya bagi pengguna Macbook yang ingin berpindah-pindah antar Mac OS dan Windows.


Sayangnya sejauh ini fitur dual boot tersebut masih terbatas dukunganya pada perangkat Nexus, yakni Nexus 4, Nexus 7, Nexus 10, dan Galaxy Nexus.


Pun demikian, 50 smartphone yang diketahui telah terverifikasi dapat menggunakan Ubuntu Touch, kemungkinan besar juga bakal bisa menggunakan fitur ini nantinya. Namun Canonical belum dapat memastikan waktunya, karena hingga saat ini fitur dual boot memang masih dalam tahap pengembangan.


(yud/eno)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!