GreenCloud, Aplikasi 'Hijau' Antar Siswa Indonesia Juara di Meksiko

Jakarta - Perilaku yang tidak ramah lingkungan membuat para siswa SMA ini gerah. Tim ini kemudian menciptakan sebuah aplikasi bernama GreenCloud. Bonusnya, aplikasi ini mengantarkan mereka ke Meksiko.

Tim yang terdiri dari Shin Wonseob, Farenanda Satria, Karina Sarah, Muhammad Enrinal dan Radhityana Muhammad ini menyandang juara kedua dalam kompetisi Blackberry STEM (Science, Technology, Engineering and Maths) Global Innovation Challenge.


Juara pertamanya sendiri adalah tim tuan rumah yakni para siswa dari Meksiko. Meski demikian, skor tim GreenCloud tidak terpaut jauh dari sang juara. Juri pun terkesan dengan ide aplikasi 'hijau' ini.


Para juri menilai tim ini sangat antusias, memiliki konsep yang menarik, presentasi yang disajikan dengan baik dan melalui telah melalui penelitian yang menyeluruh sebelumnya.


Adapun fungsi dari aplikasi ini yakni mengurangi rekam jejak ekologi (ecological footprints). Caranya, mendidik dan memotivasi pengguna aplikasi untuk mengubah gaya hidup mereka.


GreenCloud menghitung rekam jejak karbon setiap individu. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mencari produk yang ramah lingkungan, dan memberikan beberapa ide serta saran untuk memperbaiki lingkungan.


Serunya, aplikasi ini dibuat seperti social media. Pengguna bisa berlomba menjadi yang paling ramah lingkungan. Setiap perilaku kita akan mendapatka semacam reward yang akan terpampang di profil, akan ada juga bonus atau prize bagi pemenangnya. Next


(rns/rns)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!